Kamis, 03 Oktober 2013

Kuliah Perdana



Dari hari-hari kuliah yang gue jalanin. Gue baru ngerasain. Kuliah itu “capek” dan “seru”. Gue jelasin kenapa 2 kata itu ada di pikiran gue. Capeknya adalah tugas –tugas yang kita kerjain gak segampang tugas SMA. Banyak banget yang namanya makalah, tugaas nulis, tugas kelompok, dan banyak membutuhkan biaya, membutuhkan internet,  serta waktu. Jelas disini yang capek bukan gue doang tapi dompet gue pun juga capek kebanyakan dikeluarin uangnya. Selain itu di hari libur, ada yang namanya lab. Gue gak tau lab di “perkuliahan” itu kaya gimana, yang pasti beda sama lab SMA. Pas SMA yang Cuma belajar biasa bedanya cuma tempatnya aja. Peraturannya pun “gak biasa” kalo di SMA kita masuk lab ya masuk aja pake seragam. Kalo kuliah ditempat gue, kita harus pake rok dibawah lutut plus kemeja berkancing full dan sepatu tertutup. Sebenernya si sama aja di SMA toh gue juga pake baju seragamnya rok dibawah lutut sama baju berkancing full hehe. Belom lagi kalo ada jadwal sampe sore. Pokoknya semenjak kuliah gue jadi jarang ada waktu buat nulis, beres-beres rumah, belajar juga jadi gak semangat karena capek. Mungkin karena belom terbiasa kali ya, dari kemaren berbulan bulan kerjaannya tidur makan bere-beres dirumah aja. Tapi sekarang harus bercapek-capek ria. Sementara kalo libur ya gue anggap belom libur dari segala macam aktifitas. Gue harus ngerjain tugas kuliah, nulis artikel, dan beres-beres rumah dan kamar gue supaya jadi rumah dan kamar yang bersih nan cantik kaya orangnya hehe. Pokoknya harus menggunakan waktu sebaik-baiknya kalo lagi libur.
Disini point serunya adalah. Ketemu temen baru yang sama serunya kaya SMA, banyak pengalaman, belajar ngatur waktu dan pengeluaran dan belajar dewasa. Kuliah itu nggak sama dan segampang SMA. Kadang kalo gue lagi mikir, kok bisa ya secepat ini gue tumbuh dewasa. Kok gue udah kuliah aja ya, dan disitu spontan gue berpikir “gue harus bisa lebih dewasa, lebih berfikir 2 kali melakukan tindakan, berfikir 2 kali untuk ngomong, dan harus lebih melakukan hal-hal yang berguna dan meninggalkan kebiasaaan-kebiasaan yang nggak mutu”. Di kuliah ini gue juga ngerasa beda banget sama dunia SMA.  Yang dulu di SMA kadang gue masih nyolong-nyolong tidur pas pelajaran steno, sekarang gue ngerasa siapapun dosen yang masuk ilmunya bakal berguna banget buat gue. Yang pasti semenjak kuliah gak ada kata “akan” tapi “harus”. Gue dituntut harus lebih semangat belajar, harus lebih dewasa, harus lebih rajin dan harus lebih fokus. Ga perduli secapek apapun pulang kuliah, sejenuh apapun kuliah, dan sebosen apapun gue dengerin dosen ngomong, gue harus ngelawan rasa males itu sendiri. Karena kalo bukan diri sendiri yang ngelawan rasa males itu, mau sampe kapan gue harus ngikutin rasa males itu? Kalo ngga segera bangkit dari kemalesan itu sendiri, sampe kapanpun kita ngga bakalan “bangkit” jadi orang yang berguna untuk di sekeliling kita. Disini gue buka ngeluh, tapi cuman sekedar share realita di kehidupan gue dan menurut gue. Yang pasti dari kekurangan kuliah tadi kalonkita semangat buat ngejalanin itu semua hasilnya bakal “indah”. Pokoknya kita disini harus melakukan usaha yang sebaik baiknya. Emang si gue gak ngelak juga terkadang gue ngeluh. Yang namanya manusia pasti pernah ngeluh. Tapi jadiin ngeluh itu motivasi kita. Inget orang tua kita yang udah susah payah biayain hidup kita. Secapek apapun mereka cari uang, se-laper apapun, se-sakit apapun mereka. Mereka gapernah bilang ke kalian. Jadi buang deh rasa ngeluh dan manja. Orang tua kita gaperduli apapun yang terjadi sama diri mereka, sehabis-habisan apapun mereka kuliahin kita, yang penting kita lebih berhasil dari mereka. Jadi selamat dan semangatlah kalian-kalian yang masih muda. Gantung rasa semangat didepan kita. Sementara untuk perkuliahan gue yang sudah berumur 2 minggu ini itu aja yang gue ceritain. Semangat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar