Sabtu, 03 Januari 2015

Koperasi Kredit Atau Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi Kredit Atau Koperasi Simpan Pinjam
Koperasi Kredit didirikan untuk memberikan kesempatan kepada anggota-anggotanya memperoleh pinjaman dengan mudah dan dengan ongkos( bunga) yang ringan. Itulah sebabnya koperasi ini disebut koperasi kredit.
            Akan tetapi untuk dapat memberikan pinjaman atau kredit itu koperasi memerlukan modal. Modal koperasi yang utama adalah simpanan anggota sendiri. Dari uang dimpanan yang dikumpulkan bersama-sama itu akan diberikan pinjaman kepada anggota yang perlu dibantu. Oleh karena itu maka koperasi kredit lebih tepat disebut koperasi simpan pinjam.
Fungsi pinjaman didalam koperasi adalah sesuai dengan tujuan-tujuan koperasi pada umumnya, yaitu untuk memperbaiki kehidupan para anggotanya, misalnya:
a.    Dengan pinjaman itu seorang petani dapat membeli pupuk, benih unggul, pacul dan alat0-alat pertanain lainnya yang akan membantu meningkatkan hasil usaha taninya. Hal ini berarti akan membantu menaikkan pendapatannya. Pendapatan yang bertambah berarti memperbaiki kehidupannya.
b.    Dengan uang pinjaman makan nelayan akan dapat membeli jaring penangkap ikan yang baik sehingga diharapkan pendapatannya berubah.
c.    Dengan uang pinjaman maka seorang buruh atau karyawan akan dapat membeli barang yang tak dapat dibeli dari upah atau gajinya sebulan ( misalnya mesin jahit, radio, sepeda,motor dan lainnya). Dengan mengangsur pinjaman itu setiap bulan ia akan mmemiliki barang tersebut untuk perbaikan  hidupnya. Dengan cara itu pula ia dapat membeli barang-barang untuk keperluan anaknya, seperti buku, pakaian, buku-buku, sepeda dan sebagainya.
Jadi dapat disimpulkan pelayanan-pelayanan itu pengurus koperasi simpan pinjam selalu berusaha supaya ongkos atau bunga ditetapkan serendah mungkin agar dirasakan ringan oleh para anggotanya. Selain itu pengurus koperasi harus memperhatikan pula agar supaya pinjaman tersebut betul-betul digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat.

Referensi :

·         Buku koperasi teori dan praktik – Arifin Sitio 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar