Sabtu, 03 Januari 2015

Peran Pemerintah Dalam Perkoperasian

Peran Pemerintah Dalam Perkoperasian
Peran pemerintah diperlukan terutama dalam menentukan berbagai kebijakan ekonomi khususnya yang terkaitb erat dengan upaya menumbuhkembangkan koperasi. Kebiajakan0kebiajakan ekonomi yang dikerluarkan oleh pemerintah yang secara langsung atau tidak langsung sebaiknya berdampak terhadap perkembangan koperasi.
Dalam kaitan itu, yang perlu disadari kemudian adalah memberikan pagar-pagar pembatas yang jelas agar pola hubungan yang terjalin memberikan dampak positif bagi perkembangan koprasi. Pembatasan mengenai peran pemerintah dalam pengembangan koperasi bukan mengarah pada perlu tidaknya peran pemerintah namun lebih pada evaluasi terhadap peran pemerintah dan dampaknya bagi perkembangan koperasi selama ini. hasil evaluasi tersebut yang kemudian dipakai sebagai pegangan dalam menentukan batas-batas atau koridor peraturan mengenai peran pemerintah itu sendiri.
            Koperasi produsen terutama koperasi yang bergerak disektor pertanian merupakan koperasi yang paling terkena dampak negatif globalisasi ekonomi. Sebelu kesepakatan perdagangan bebas disetujui, koperasi di sektor pertanian diseluruh dunia umumnya menikmati proteksi, berbagai bentuk subsidi, serta dukungan emerintah lainnya. Dengan berlakunya kesepakatan mengenai subsidi, tarif dan akses pasar maka produksi barang

Referensi :

·         Buku manajemen koprasi Edisi 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar