Sabtu, 03 Januari 2015

Peran Koperasi Dalam Perekonomian Indonesia

Peran Koperasi Dalam Perekonomian Indonesia

Menyadari pentingnya posisi koperasi dalam perekonomin indonesia, berbagai upaya telah dilakukan, baik oleh gerakan koperasi maupun pemerintah. Yang tujuannya mewujudkan koperasi yang tangguh dan mandiri serta mampu menjadi wadah kegiatan perekonomian rakyat. Namun, berbagai upaya itu nampaknya belum mampu mengangnkat kinerja koperasi, terutama pada aspek “kualitasnya”. Walaupun memang tak dipungkiri dalam hitungan jari ada koperasi yang patut dibanggakan.
Meskipun koperasi mempunyai peran yang cukup signifikan terhadap perkembangan kondisi perekonomian nasional, tetapi peran tersebut masih relatif kecil apabila dilihat dari sudut pandang pengentasan kemiskinan. Artinya, koperasi sendiri masih belum mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya kepada tingkat yang lebih layak. Hal ini antara lain disebebkan belum optimalnya upaya pemberdayaan yang dilakukan terutama pemberdayaan terhadap sumber daya manusia pelaku koperasi, kapasitas usaha koperasi, prasarana dan sarana pendukung usaha, sistem kelembagaan dan pengawasan bagi usaha koperasi.
Dengan demikian, strategi pemberdayaan dalam hal tersebut menjadi hal yang mutlak dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota. Patut diingat pula bahwa peningkatan kesejahteraan anggota koperasi dapat dianggap sebagai representasi dari peningkatan kesejahteraan rakyat indonesia secara umum, sebab tingkat kesejhteraan anggota koperasi  merupakan cermin dari tingkat kesejahteraan rakyat kebanyakan. Mengabaikan atau menunda upaya pemberdayaan koperasi akan menimbulkan kerawanan dan masalah dalam kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya, serta dalam aspek ketahanan nasional.
Bedasarkan uraian diatas dapat disimpulkan :
1.    Koperasi secara nyata telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan ekonomi nasional. Kemajuan dan kemunduruan perkembangan koperasi menjadi indikator kemajuan dan kemunduruan perekonomian nasional.
2.    Perkembangan kegiatan usaha koperasi akan sangat mempengaruhi perkembangan kesempatan bekerja bagi masyarakat. Lapangan kerja dan kesejahteraan rakyat akan sulit dicapai apabila kegiatan pemberdayaan usaha koperasi tidak ditingkatkan.
3.    Untuk meningkatkan peran koperasi, maka permberdayaan koperasi yang berkelanjutan adalah mutlak diperlukan. Pemerintah memiliki tanggung jawab besar dalam hal ini.
4.    Pemberdayaan koperasi sebagai tanggung jawab pemerintah telah diamanatkan oleh uud 1945  untuk melaksanakan amanat itu, keberadaan lembaga pemerintah yang membina dan mengembangkan koperasi, yang selama ini dijalankan oleh kementrian negara koperasi dan usaha kecil menengah, perlu tetap dipertahankan keadaannya. Pada masa depan, lembaga ini harus menjadi pelayan dan fasilitator untuk memenuhi kebutuhan dasar koperasi, mendukung pembangunan suber daya koperasi, memantapkan tertib administrasi usaha, dan mendukung terselenggaranya urusan perkoperasian yang strategis.

Referensi :

·         Buku manajemen koperasi – Edisi 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar